Easy Blog Tricks

Senin, 19 September 2011

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

Penyakit akibat bekerja dengan komputer

Gangguan Penglihatan.
Gangguan kesehatan lain yang paling banyak dilaporkan akibat pengguna komputer adalah gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan dapat menimbulkan kelainan fisik. Hal ini terjadi karena saat penglihatan menjadi kabur, maka pengguna komputer akan mengubah posisi tubuh maju kedepan mendekatkan diri agar dapat melihat objek ‘yang ada di monitor lebih jelas. Gangguan penglihatan yang disebabkan karena penggunaan komputer, oleh The American Optometric Association dinamakan Computer Vision Syndrome (CVS).
Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh The Journal of Epidemiology and Community Health mengambil sample basil pemeriksaan mata 10.000 pekerja. Pekerjaan ini dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan waktu yang dihabiskan didepan komputer pada saat bekerja maupun pada saat berada di rumah. Hal lain yang juga dipertimbangkan adalah lamanya pemakaian komputer dalam tahun. Hasilnya adalah pengguna berat komputer memiliki kelainan penglihatan, termasuk didalamnya miopi dan glaucoma, sehingga dapat diketahui penggunaan komputer yang berat memiliki hubungan langsung dengan timbulnya miopi dan glaucoma.
Dr. Masayuki Tatemichi, dari Fakultas Kedokteran Universitas Toho, melakukan penelitian terhadap pekerja ditempat yang berbeda di jepang yang memiliki pekerja lebih dari 5000 orang. Ia membagi pekerja tersebut beberapa kelompok berdasarkan berapa banyak menggunakan komputer, dibagi menjadi pengguna ringan, sedang, dan berat. Hasilnya adalah ditemukan 522 pekerja menderita glaucoma.
Nick Astbury mengatakan bahwa penduduk Jepang memiliki prevalensi yang tinggi menderita myopia, sebagai salah satu resiko terjadinya glaucoma. Karena pengguna komputer tidak hanya di Jepang, seperti yang dikatakan David Wright (International Glaukoma Association), bahwa penelitian juga hams dilakukan di etnik lain agar teruji validitasnya.


Posisi Duduk

Sesuaikan kursi Anda

Perhatikan berbagai penyesuain yang memungkinkan dari kursi Anda. Jika seseorang telah menggunakan kursi Anda, Anda mungkin perlu menyesuaikan kembali. Jika masih kurang nyaman, cobalah jenis kursi lainnya.

Istirahatkan kaki di lantai

Kaki Anda sebaiknya diletakkan datar di lantai. Jika tidak, Anda mungkin bisa menggunakan tatakan kaki sehingga Anda bisa menyesuaikan ketinggian hingga level yang nyaman menurut Anda. Jangan silangkan kaki Anda. Hal ini bisa mengganggu sistem peredaran darah dan menyebabkan masalah pinggang.

Layar komputer sejajar dengan mata

Posisikan layar monitor Anda dengan jarak sekitar 12-30 inci (30-75 cm) dari mata. Atau, Anda bisa mengukurnya dengan menempatkan monitor sejauh satu lengan dengan puncak layar sejajar dengan mata. Agar bisa mengatur seperti ini, komputer Anda harus dilengkapi dengan stand (kaki monitor).


Mengatur dan memilih meja komputer

  • Memiliki ruang yang cukup untuk lengan
  • Memiliki ketinggian yang sesuai
  • Memiliki ukuratr yang cukup untuk meletakan komputer dan dokumen
Mengatur dan memilih kursi


  • Menyokong punggung
  • Dapat disesuaikan untuk memperoleh posisi yang sebenarnya dan memiliki kemiringan yang dapat menyokong punggung
  • Ketinggian kursi dapat disesuaikan ketika pengguna berada dalam posisi duduk
  • Disokong oleh lima kaki
  • Dapat dipindahkan dengan mudah
  • Memiliki bentuk yang dapat mendistribusikan berat badan
Mengatur meja dan kursi

          Meja dan kursi diatur dengan baik, yaitu antara tangan dan lengan membentuk sudut tumpul (lebih dari 90 derajat)
          Kaki dapat bersandar pada sandaran kaki (foot rest) sehingga kaki dapat leluasa bergerak di bawah meja.


Monitor dan jarak pandang dengan mata

                Pemakaian layar monitor yang tdk ergonomis akan dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Penyakit mata akibat bekerja dengan komputer disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:
          Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu dan oranye.
          Pantulan cahaya (silau) pada layar monitor yang berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu penerangan akan menambah beban mata
          Pencahayaan ruangan kerja yang kurang baik.

0 komentar:

Posting Komentar